SELAMAT DATANG DI GPdI GILGAL MATARAM, JIKA ANDA BELUM BERJEMAAT DI GEREJA MANAPUN SILAHKAN DATANG dan BERIBADAH DI TEMPAT KAMI- -ALAMAT KAMI Jl. Pariwisata no. 4- -MARI MENGENAL YESUS LEBIH DALAM LAGI SUPAYA HIDUP KITA DIUBAHKAN dan DIPERBAHARUI- -SETIAP PERGUMULAN dan BEBAN BERAT YANG KITA HADAPI TUHAN SANGGUP MENOLONGNYA- -TUHAN YESUS MENGASIHI ANDA-. -PUJI TUHAN !!

kunjungi -VIDEO- utk melihat Kotbah / Paduan Suara / VG / Angklung GPdI Mataram

"GUNUNG TUHAN ATAU GUNUNG IBLIS" 
(MAZMUR 34:3-6 ; MATIUS 4:8-10)
(Ibadah Raya 20 Nopember 2016 - Pdm. Yehuda Yermiadi)

Siapakah yang boleh naik ke gunung Tuhan?
Yang boleh naik ke gunung Tuhan adalah : Orang yang bersih tanganya dan murni hatinya. Dalam Wahyu 5:1 dan 2 Korintus 3:2-3 mengatakan bahwa,  kita ini adalah surat,  surat pujian artinya surat Kristus yang dapat dibaca,  dan yang ditulis baik dari sisi dalam maupun sisi luar bukan dengan tinta melainkan dengan roh (Wahyu 5:1), bagian luar ini menjelaskan tubuh kita yaitu perbuatan kita dan bagian dalam menjelaskan hati kita.  Dalam Ulangan 30:11-14 menjelaskan Firman ditulis oleh Roh Allah dan Firman itu dekat. Orang yang hidup di dalam Firman Allah mereka adalah orang-orang  yang boleh naik ke gunung Tuhan.
Dalam Matius 4:8-10, ketika Yesus diajak naik ke gunung untuk dicobai iblis, ini menjelaskan tentang gunung iblis.  Iblis suka berbicara tentang Firman tetapi tidak pernah melakukan Firman, mengerti Firman tetapi tidak mau di ubahkan oleh Firman dan mengajak manusia untuk berbuat dosa dengan jalan memutar balikan Firman Allah.
Yesaya 2:2-3 mengatakan bahwa pada akhir zaman banyak orang akan berbondong-bondong ke gunung Tuhan dan disana ada pengajaran Firman untuk memperbaharui manusia, tetapi Wahyu 12:9 berkata bahwa di saat akhir zaman ada  orang-orang  yang berbondong-bondong  ke gunung Tuhan, ada juga sebagian orang ke gunung iblis dan banyak yang terjebak di gunung iblis. Seperti kisah Ayub, pada saat ia dicobai dan orang-orang di sekitarnya menghiburnya dengan cara mengintimidasi Ayub dengan mengatakan bahwa ia berdosa terhadap Tuhan sehingga mengalami malapetaka,  tetapi Ayub tetap berpegang teguh pada Firman Tuhan karena ia mengerti Firman Tuhan.  Dan dalam Yehezkiel 34:14 mengatakan bahwa Yesus menggembalakan domba-domba-Nya di gunung Tuhan tetapi di dalam  Yohanes  8:44  dikatakan iblis juga ingin  menggembalakan    domba-domba    

  dan iblis juga berusaha untuk menjadi bapa atas manusia-manusia itu. Tetapi orang-orang yang ada di gunung Tuhan adalah orang-orang yang mengerti Firman Tuhan dan hidup sesuai dengan Firman sehingga tidak mudah untuk dihasut oleh iblis.
Sekarang ini banyak orang yang mengerti Firman tapi tidak hidup sesuai dengan Firman maka Tuhan akan mengadakan pemisahan antara orang-orang yang ada di gunung Tuhan dan di gunung iblis.
2 Raja-raja  6:15-16 menceritakan Nabi Elisa dan bujangnya. Pada saat tentara Aram mengepung Elisa bujangnya yang bernama Gehazi kuatir, dan Elisa berkata dalam ayat ke 16 jangan takut, lebih banyak yang menyertai kita daripada yang menyertai mereka, berarti ada yang menyertai tentara Aram dan ada yang menyertai Elisa. Orang-orang yang berada di Gunung Tuhan akan disertai. Pada saat Elisa berdoa terbukalah mata Gehazi,maka Gehazi melihat tentara Allah di atas gunung dengan kereta kuda berapi, tetapi tentara Tuhan ada bukan untuk datang melawan tentara Aram melainkan untuk berperang melawan roh-roh yang menghambat jawaban doa Elisa, seperti tertulis di dalam Daniel 10:11-13  penyertaan Tuhan nyata bagi mereka. Pasukan yang ada di gunung Tuhan lebih banyak dari yang di gunung iblis, penyertaan Tuhan nyata bagi mereka yang berada di gunung Tuhan. 
Dalam Mazmur 24:5  mengatakan orang yang ada di gunung Tuhan akan diberkati, tetapi dalam Matius 4:9 mengatakan iblis juga meyediakan berkat. Pertanyaan untuk kita renungkan, Mau pilih berkat yang mana? Dan semua ada konsekuensinya, kalau di Gunung Tuhan kita menerima berkat Sorga tetapi di gunung iblis akan menerima neraka.
 Lukas  9:28-29 Yesus membawa Petrus, Yohanes dan Yakobus ke gunung Tuhan untuk berdoa. Orang yang berada di gunung Tuhan akan suka berdoa. Pada saat Yesus berdoa dikatakan wajah dan pakaian-Nya berubah. Wajah berbicara tentang hidup yang berubah dan Pakaian mencerminkan karakter, orang-orang yang suka berdoa hidupnya diubahkan oleh Tuhan dan menjalin hubungan yang baik-dengan-Tuhan. Matius 4:10 mengatakan orang yang ada di gunung Tuhan akan berbakti hanya kepada Tuhan tidak kepada yang lain. Dalam Ayat 9 dikatakan iblis juga ingin di sembah dan 1 Petrus 1:17 berkata bahwa orang-orang yang ada di gunung Tuhan akan selalu memandang kepada Tuhan, dengar-dengaran akan Firman Tuhan maka mereka selalu menyembah Allah.  2 Petrus 2:20-22 mengatakan bahwaorang-orang yang sudah hidup di jalan yang benar dan kembali lagi ke jalan hidup yang salah, orang itu seumpama babi yang kembali ke kubangan.  Di dalam Lukas  8:35 orang-orang yang di gunung Tuhan sudah berpakaian kekudusan dan duduk di kaki Yesus terlepas dari dosa. Wahyu 21:10, Yerusalem baru ada di gunung Tuhan. Wahyu 19:20 menjelaskan bahwa orang-orang yang menyembah iblis ada di gunung iblis akan dilemparkan ke lautan api. Yehezkiel 34:14-16 yang menyembah Tuhan ada di gunung Tuhan akan hidup di sorga, dalam ayat 16 dan 26 mengatakan Tuhan akan mencari orang-orang yang sudah hilang dan mereka akan dibawa ke gunung Tuhan dan menjadikan mereka berkat. Kembalilah ke Gunung Tuhan! Diberkati yang membaca merenungkan dan yang melakukan Firman-Nya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar