SELAMAT DATANG DI GPdI GILGAL MATARAM, JIKA ANDA BELUM BERJEMAAT DI GEREJA MANAPUN SILAHKAN DATANG dan BERIBADAH DI TEMPAT KAMI- -ALAMAT KAMI Jl. Pariwisata no. 4- -MARI MENGENAL YESUS LEBIH DALAM LAGI SUPAYA HIDUP KITA DIUBAHKAN dan DIPERBAHARUI- -SETIAP PERGUMULAN dan BEBAN BERAT YANG KITA HADAPI TUHAN SANGGUP MENOLONGNYA- -TUHAN YESUS MENGASIHI ANDA-. -PUJI TUHAN !!

kunjungi -VIDEO- utk melihat Kotbah / Paduan Suara / VG / Angklung GPdI Mataram

"JANGAN MENOLEH KE BELAKANG" 
(PENGKHOTBAH 7:10)
Ibadah Raya - Pdt. Yoyong Ch. Santosa
Pengkhotbah 7:10 berkata ‘ Janganlah mengatakan: “Mengapa zaman dulu lebih baik daripada zaman sekarang?” Karena bukannya berdasarkan hikmat engkau menanyakan hal itu.

Tidaklah atau kurang berhikmat orang yang mengatakan zaman dahulu lebih baik daripada zaman sekarang. Demikian dengan kita orang percaya, percayalah bahwa tahun 2017 dengan iman harus kita katakan, tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Tuhan hendak mengajarkan peristiwa yang silam kepada kita untuk  tidak dikenang sehingga membuat kita tidak bisa melihat realita yang sedang terjadi. Tetapi lebih melihat apa yang sudah Tuhan kerjakan dalam kehidupan kita di tahun yang silam, kebaikan dan cara Tuhan yang luar biasa yang senantiasa menyertai kita.

Tahun yang baru yang sedang kita lewati akan penuh dengan warna –warni kehidupan, dengan warna terang kita akan lewati dengan penuh sukacita dan ada juga warna kelabu yaitu masalah  dan persoalan yang juga akan kita lewati. Melihat hari di depan yang penuh misteri kita tidak tahu apa yang akan terjadi, namun ada Tuhan yang selalu ada dalam kehidupan kita yang selalu dapat kita andalkan, jika kita mengandalkan diri sendiri maka kita akan mengalami banyak kesukaran dan kesulitan. Sekalipun orang terdekat dan yang paling kita percaya tidak menjamin kita akan menjalani tahun ini tanpa halangan, tetapi percayalah bahwa janji Tuhan tidak pernah batal dalam hidup kita. Janji penyertaan Tuhan selalu ada bagi kita yang mengandalkan Dia.

Lukas 9:62 berkata Tetapi Yesus berkata: “Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh kebelakang, tidak layak untuk kerajaan Allah. ”
Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang tidak berlayak bagi kerajaan Surga. Oleh karena itu janganlah terus melihat ke belakang.
 Satu harapan yang semua orang inginkan bahwa tahun ini akan dijalani dengan sukacita.
Maju berbuatlah sesuatu untuk kemajuan hidup ini. Tuhanpun mengatakan Dia tidak akan mengungkit- ungkit masa lalu kita. Dia sudah bereskan semuanya (1Yohanes 1:7-9).
Tuhan sudah melupakan dosa-dosa kita ( Yesaya 1:18), kalau kita mengerti hal ini maka kita jangan lagi masuk dalam keadaan yang sama, jatuh dalam dosa yang sama, kembali lagi ke manusia yang lama.
3 Hal yang harus kita tumbuhkan dalam kehidupan kita:

  1. Jadikanlah masa lalu sebagai pengalaman.
Dahulu mungkin kita pernah jatuh namun Tuhan bersedia mengangkat kehidupan kita kembali, dan hari di depan kita menjadi hari yang lebih indah.--(Mazmur-27:23-24).

       2. Mari jalan dan jangan berhenti di
masa yang lalu
Seperti bangsa Israel saat berada di padang gurun, saat mengalami kesusahan mereka selalu mengingat apa yang sudah terjadi di Mesir di masa lalu yang hanya sebuah kesenangan semu, padahal yang di depannya adalah Kanaan dengan kesukaan yang kekal.
Firman Tuhan katakan bahwa masa lalu biarkan berlalu, karena di depan kita ada masa depan yang akan lebih baik. Seperti pengintai Yosua dan Kaleb yang mereka lakukan adalah melihat masa depan.

  1. Hidup hari ini dan untuk terus   maju ke depan.
Rasul Paulus mengatakan masa lalu tidak penting tetapi masa depan harus dikejar ( Filipi 3:13)
Banyak orang sudah merasa puas terhadap yang sudah dikerjakan di masa lalu sehingga akhirnya kita berhenti dan sudah waktunya beristirahat, tetapi marilah apa yang sudah kita capai dapat memacu kita maju ke depan terus menerus dan tidak terputus (Ibrani 12:1-2)
Dalam satu perlombaan kita hanya berlatih biasa-biasa saja maka kita tidak akan mencapai kemenangan, bila hari-hari yang setiap hari dijalani biasa saja tanpa perubahan maka hasil yang dicapaipun akan biasa saja.
Dengan Yesus semua dapat kita jalani di masa sekarang dan masa yang akan datang tetaplah mengandalkan Tuhan.
Diberkati yang membaca, merenungkan dan yang melakukan Firman-Nya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar